Featured Post

Eyeshadow Palette Netral Harga 50ribuan! Just Miss Eyeshadow Palette Umbra

Setelah penantian lama, akhirnya brand lokal ada yang ngeluarin eyeshadow palette yang bernuansa netral. Biasanya rata-rata brand lokal...

Ranee Eyeshadow Compact 14 Review (Eyeshadow Palette Lokal Warna Natural dan Matte)

ranee eyeshadow compact 14 review 

Halo teman-teman, welcome back to my blog. Postingan kali ini aku akan mereview eyeshadow palette dari produk lokal kita, yang beberapa mungkin ada yang pernah dengar dan beberapa mungkin baru tahu. Jujur aja aku baru tahu merek ini waktu lagi nyari eyeshadow palette yang wearable buat daily makeup dan yang cocok untuk ‘no makeup makeup look’.  Tentu aja kriterianya berarti warnanya harus natural antara peach/champagne atau brown, matte, kalaupun shimmer pun shimmernya harus yang subtle dan ga kelihatan bling-bling. Ngubek-ngubek eyang gugel tapi kebanyakan eyeshadow palette-nya mengandung bermacam-macam warna yang entahlah kapan bakalan aku pakai, atau ada yang bershimmer tapi shimmernya terlalu bling-bling bagi aku, dan berbagai hal yang bikin aku mikir keras buat beli. Lalu ketemulah review dari seorang beauty blogger tentang si Ranee Eyeshadow Compact ini. Dari pada aku menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk sesuatu yang ga aku pakai, akhirnya aku memutuskan buat beli ini karena dari segi pilihan warna serta finishingnya, warna-warnanya aku banget dan pasti kepake semua serta ga bakalan nyesek buat repurchase berkali-kali. Bisa dibilang Ranee Eyeshadow ini sudah jadi my Holy Grail eyeshadowku saat ini.

Merek Ranee Cosmetic ini kayaknya hanya dijual di toko-toko kosmetik, karena aku ga pernah lihat baik di supermarket atau counter kosmetik yang ada di Dept. Store. Kalau aku belinya di Toko Raya Malang, counternya kalau ga salah ingat ada di depan counternya Silkygirl. Waktu itu belinya sekitar IDR 45.000 yang akhirnya didiskon jadi IDR 40.500. Harganya hampir sama kayak eyeshadow lokal (yang lebih bermerek) yang isinya 3 warna inceranku, tapi karena warnanya aku banget dan juga ini dapet 4 warna, akhirnya aku menjatuhkan hatiku pada si Ranee ini.

ranee eyeshadow compact 14 review 
ranee eyeshadow compact 14 review
Makeup yang ada box-nya itu menurutku poin plus banget. Di box-nya ada ingredients-nya, tempat produksinya, expired date-nya, dan keterangan tentang produk itu sendiri. 

ranee eyeshadow compact 14 review
Produk aktualnya seperti di atas. Packagingnya terbuat dari plastik berwarna navy blue atau biru gelap dengan tulisan merek Ranee di pinggir bawah. Sebenarnya sih aku agak kurang sreg sama desainnya, kelihatan khas banget produk lokal. Tapi yah jangan salahkan packaging, karena dengan harga segitu tapi dapet 4 warna eyeshadow yang bagus-bagus menurutku sudah lumayan banget. Kalau menurut ilmu ekonomi sih, we cannot please everyone, selalu akan ada hal yang dikorbankan untuk mendapat produk yang sesuai dengan target kualitas dan pasar. Tapi bisa jadi sih suatu saat nanti justru desain packaging yang khas ini justru jadi trendmarknya makeup Indonesia semacam makeup korea yang khas dengan desainnya unyunya. 

ranee eyeshadow compact 14 review
Di bagian belakang palet ada keterangan ingredients dan expired date, jadi ga perlu khawatir kalau box-nya sudah dibuang.

ranee eyeshadow compact 14 review 
ranee eyeshadow compact 14 review 
Di bagian dalamnya seperti yang kamu lihat ada kaca yang cukup besar, 4 warna eyeshadow pan, dan sebuah eyeshadow applicator. Aplikatornya terdiri dari sponge dan brush. Sponge-nya menurutku sih masih oke, tapi untuk brushnya hmm :/ mending dua-duanya dikasih bantalan sponge ajalah. Karena brushnya ga bisa dipake. Aku tipe orang yang masih memakai produk bawaan dari makeup, tapi untuk brushnya ini mau kayak gimana juga tetap ga bisa kepakai.

ranee eyeshadow compact 14 review
ranee eyeshadow compact 14 review
Untuk warna aktual produk kamu bisa lihat di atas. Foto di atas diambil dengan natural lighting, memang tidak 100% sama tapi cukup mendekati dengan warna aslinya. Semua warnanya matte walaupun kalau diperhatikan secara seksama di pan-nya ada sedikit shimmer halus yang sama sekali ga kelihatan dipakai..

- Kiri atas : warna light brown atau nude brown yang mendekati warna kulit
- Kanan atas : warna milk chocolate yang warm undertone
- Kiri bawah : warna taupe atau greyish brown/ashy brown
- Kanan bawah : warna creme/beige

ranee eyeshadow compact 14 review swatch
Ketika di swatch bisa kalian lihat warnanya cukup pigmented bahkan tanpa eyeshadow base sekalipun warnanya sudah keluar. Mungkin memang tidak se-pigmented eyeshadow mahal di pasaran, tapi kalau untuk daily makeup terutama yang suka makeup natural ataupun makeup ga kelihatan, pigmentasinya sudah cukup banget.

Warna-warnanya juga multifungsi banget. Yang  warna taupe bisa dipakai untuk ngisi alis bagi yang rambut dan alisnya warna hitam. Menurutku sih warna ini yang paling cocok dan kelihatan natural untuk alis dibandingkan dengan warna coklat yang kalaupun cool tone, tapi di alis masih berasa 'ga nyatu' sama alis hitam.

Selain untuk alis, warna taupe ini juga bisa dijadikan contour/shading terutama untuk hidung. Mungkin memang sebagian mikir warnanya pasti terlalu gelap dan hitam, tapi kalau pakainya benar jatuhnya justru kelihatan seperti 'shadow' atau bayangan dibanding dengan warna coklat yang di sebagian orang justru kelihatan kusam. Intinya pakainya memang harus hati-hati dan less is more. Tapi kalau kalian ga suka sama warna taupe untuk shading, kalian bisa pakai yang warna coklatnya, tergantung wana kulit dan selera.


ranee eyeshadow compact 14 review test
Disclaimer : karena bukan MUA atau ahli makeup jadi kalau masih berantakan harap dimaklumi :p


Kesimpulan :
Tekstur :
Dari segi tekstur ada yang creamy ada yang agak patchy. Entah aku dapat barang ‘error’ atau gimana, tapi yang warna milk chocolate atau warna kanan atas teksurnya agak keras dan isinya paling dikit. Tapi kalau diswatch atau dipakai warnanya tetap keluar kok. Eyeshadownya juga agak powdery tapi ga sampai yang berhamburan.

Pigmentasi :
Pigmentasinya cukup oke bahkan tanpa eyeshadow base. Seperti yang aku bilang di atas ada eyeshadow yang teksturnya agak keras dan pacthy ketika dicolek tapi warnanya cukup keluar.

Staying power :
Tanpa eyeshadow primer/base, ketahanannya sih standar eyeshadow. Bagi yang punya oily eyelid dalam beberapa jam sudah mulai kelihatan pudar. 

Likes :
- Pigmenstasinya oke
- Teksturnya cukup creamy
- Harga terjangkau
- Warna matte yang wearable

Dislikes :
- Ada warna yang teksturnya agak keras
- Agak susah nyarinya

Bagi yang lagi mencari eyeshadow warna matte dan natural dengan harga yang sangat terjangkau, eyeshadow Ranee ini merupakan must-have item dari produk lokal!



See you in my next post,
xoxo


Share:

16 komentar

  1. Waaaaah ternyata devi bblogger malang jugaaa :D salam kenal dah ^^

    aku juga punya ini dev. tapi yang nomor 01. bagus banget. hasilnya oke buat daily. ini semua hasil akhirnya satin kah?



    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal juga, arek malang juga ta? ^^
      wah aku cuma tau ranee yang no ini, kayaknya banyak yg bagus ya eyeshadownya. ini hasilnya kalo dipake jadi truely matte.

      Delete
    2. sebenernya ya karena lagi dalam proses mengejar toga, Vi. hahaha.. mau ga mau kan pada akhirnya jadi arek malang juga.

      Aku waktu itu ke Aster dan banyak nemuin shade warnanya Ranee. Cuma emang tertarik sama warna yang kuincer aja :3

      Kamu biasanya beli kosmetik dimana aja? (selain mall)

      Delete
    3. kalo aku sih belinya di raya, secara lebih murah hahaha. cuma karena males ke sananya dan matos juga deket kampusku jadinya beli di situ XD

      Delete
  2. Lah aku kemana aja baru denger merek Ranee :'))

    Tapi liat hasil akhirnya emang lumayan OK sih ya.


    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga tahu ranee ya baru-baru ini, hehe. emang oke banget, lumayan pigmented dan warnanya bakal kepake semua ^^

      Delete
  3. Waw waw emang ya packaging produk lokal kadang kurang menarik padahal yg pertama kali dilihat adalah packagingnya haha. Tapi kalo kualitasnya bagus sih kayaknya bisa dipikirkan lagi untuk dicoba ya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih ce sayangnya produk lokal mesti packagingnya kadang-kadang kurang menarik, tapi untuk nekan harga ya mau gimana lagi. tapi selama kualitas produknya oke packaging ga jadi masalah ^^ semoga ke depannya produk lokal mulai berbenah biar ga kalah sama produk luar.

      Delete
  4. aku pengen nyoba ranee dari dulu, kalo liat2 review blogger lain pengen beli juga
    cuman sepertinya sulit banget ngedapetinnya bingung kalo di jakarta belinya dimana, udah kebeberapa toko kosmetik tradisonal juga ga ketemu huhuhu

    talkingwithbeki.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bahkan di toko kosmetik tradisional juga ga ada ya? :o semoga ranee mulai gencar distribusiin produknya ke depannya.

      Delete
  5. wah aku baru tau nih brand ini, hasilnya juga lumayan ok :D coba ah cari semoga di Jakarta juga ada

    Ray - www.rayditaa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga baru tahu nih, kalau tahu dari dulu mungkin aku ga perlu beli eyeshadow palette luar buat belajar makeup :D

      Delete
  6. Haii devvv, aku baru tau ranee jual esedo matte semuaa, emang pengen punya esedo yg palette matte gitu sih hehe.
    Boleh juga nih aku coba!

    XOXO, Cilla
    http://mkartikandini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii..iya aku baru tahu produk lokal punya eyeshadow quad matte semua dan harganya juga murce banget. worth to buy! ^^

      Delete
  7. eyeliner nya kamu pake merk apa mb ? hehehe,, aku penasaran bgt,, keliatannya si bagus, soalnya mataku itu termasuk nya agak tajem tajem gmnaa gitu, jadi klo pake eyeliner yang terlalu pkeat bkin mataku jadi kelihatn serem :) mungkin ada yang bisa bantu jawab hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ga salah aku di foto ini pakai maybelline gel eyeliner yang warna coklat.

      kalo saran aku sih pakai eyeliner apa aja bisa tapi pilih yang warnanya coklat, hindari warna hitam karena eyeliner warna hitam terutama yg bentuknya liquid/pen eyeliner memang fungsinya bikin mata jadi kelihatan tegas. kalo aku sih suka pensil eyelinernya just miss, make over, sama maybelline gel eyeliner yang warna coklat.

      semoga membantu ^^

      Delete

Feel free to drop your comment. I will reply it as soon as possible. ^^