Featured Post

Eyeshadow Palette Netral Harga 50ribuan! Just Miss Eyeshadow Palette Umbra

Setelah penantian lama, akhirnya brand lokal ada yang ngeluarin eyeshadow palette yang bernuansa netral. Biasanya rata-rata brand lokal...

Essential Blogging Equipments For Blogger : Smartphone

Essential Blogging Equipments

Beberapa tahun lalu blogging mungkin masih dianggap sebatas hobi, namun pada saat sekarang blogging bisa dikatakan salah satu job yang cukup menjanjikan. Bahkan pengertian blogger tidak hanya sebatas orang yang menulis di blogspot (salah satu pioneer platform blog) tapi sudah menyempit menjadi sebuah profesi tersendiri.

Mungkin kamu salah satu orang yang mulai berfikir untuk menjadikan blogging sebagai karir. Untuk menjadi blogger memang susah susah gampang. Layaknya membuka sebuah bisnis baru, untuk menjadi seorang blogger pun juga membutuhkan modal, salah satunya adalah smartphone. Kenapa smartphone? Bukannya kamera? Tentu kamera juga merupakan salah satu blogging equipment yang penting, tapi bagi kamu yang baru akan memulai blogging dan mempunyai dana terbatas, ketika diharuskan memilih salah satu, smartphone dengan kualitas yang baik bisa menjadi starting point. 

Dengan berinvestasi pada high quality smartphone, selain dapat menghemat biaya juga bisa memudahkan pekerjaan kamu sebagai seorang blogger karena smartphone mempunyai kemampuan multitasking sehingga pekerjaan kamu sebagai blogger akan terbantu.

Berdasarkan pengalaman aku, waktu pertama kali mulai ngeblog terutama untuk mengambil gambar hanya menggunakan smartphone SAMSUNG. Dan harus aku bilang kalau aku cukup impress sama kualitas gambarnya. Bagiku yang utama dari sebuah blog adalah gambar yang jernih dan jelas dan hanya dengan kamera smartphone saja aku sudah bisa mendapatkan kualitas gambar yang baik. Kalian bisa lihat contohnya di beberapa popular posts ku yang merupakan postingan lama. 

Beberapa fungsi smartphone yang akan memudahkan pekerjaan kamu sebagai blogger antara lain :


1. Browsing & streaming

 

Sebagai seorang blogger memang dituntut untuk lebih tahu tentang berita, tren dan informasi terkini. Dengan ukuran smartphone yang kecil dan dapat dibawa ke mana-mana, kapan saja dan di mana saja kita dapat mencari informasi atau mencari ide untuk blog post, mencari review makeup di Female Daily , bahkan pada saat traveling di mana tidak memungkinkan untuk membawa laptop. Mau nonton tutorial makeup, video vlog atau berita di Youtube pun juga bisa dilakukan melalui smartphone. 

Karena browsing dan streaming itu penting bagi blogger, prosesor yang memadai itu unsur yang harus dipertimbangkan blogger dalam memilih smartphone, beberapa smartphone yang bisa menjadi pilihan misalnya SAMSUNG GALAXY J5 (2016)  dan SAMSUNG GALAXY J7 (2016). SAMSUNG GALAXY J5 (2016) menggunakan chipset Snapdragon 410 dan CPU QuadCore, 1.2GHz sedangkan SAMSUNG GALAXY J7 (2016) menggunakan chipset Exynos 5 dan memiliki CPU OctaCora, 1.6 GHz yang masing-masing memiliki RAM 2GB membuat performa smartphone bekerja dengan baik dan lancar ketika digunakan. Dengan dual sim dan mendukung jaringan 2G, 3G, 4G dan WiFi ga perlu khawatir dengan masalah jaringan internet karena dimanapun kamu tetap bisa browsing dan streaming dengan lancar.


2. Blogging on the go

 

Yup! Menulis blog bisa dilakukan melalui smartphone. Walaupun menurut aku pribadi terasa kurang leluasa dan nyaman, tapi jika memang dalam keadaan urgent kenapa tidak? Mungkin ada beberapa postingan yang perlu di edit atau ditambahkan fotonya. Banyak blog platform telah memiliki blogging app untuk smartphone seperti Blogger, Wordpress, Tumblr, dll yang bisa diunduh melalui Play Store. 

 

Untuk melakukan blogging melalui smartphone tentunya lebih nyaman jika smartphone memiliki layar yang cukup lebar sehingga kita lebih leluasa. SAMSUNG GALAXY J5 (2016) memiliki layar 5.2” dan SAMSUNG GALAXY J7 (2016) memiliki layar yang sedikit lebih besar yaitu 5.5” namun keduanya memiliki resolusi layar HD dengan kedalaman warna 16M dan teknologi main display Super AMOLED yang membuat aktivitas blogging on the go terasa lebih nyaman. 


3. Checking e-mail

 

Ga perlu nunggu buka laptop baru bisa mengecek email. Dengan smartphone pun kamu bisa mengakses, mengecek bahkan membalas email yang masuk. Beberapa email apps yang dapat memudahkan kamu untuk mengakses email adalah Gmail dan Microsoft Outlook. 


4. Notes & Recorder

 

Sebagai blogger biasanya mendapat undangan untuk menghadiri event berupa seminar, talk show, product launching, dll. Dengan adanya fitur notes dan recorder di smartphone, segala macam hal-hal penting dapat dicatat melalui note atau direkam langsung melalui recorder. Fitur ini juga berguna kalau kamu termasuk tipe orang yang sering mendapat inspirasi tak terduga. Misalnya saja saat berada di dalam transportasi umum atau ketika terjebak kemacetan, nah ide yang kamu dapat bisa langsung dituangkan melalui notes atau recorder.


5. Selfie, wefie, or vlogging

 

Fitur kamera merupakan elemen yang sangat penting (dan mungkin yang utama) dalam smartphone. Terutama kalau kamu adalah beauty blogger yang mana sehari-harinya kerjaannya selfie untuk makeup of the day, foto-foto produk untuk review  dan bikin makeup tutorial, atau food blogger yang wajib memotret makanannya sebelum dimakan, atau kamu si travel blogger yang harus banget mengabadikan tempat yang kamu kunjungi. Menggunakan kamera mungkin memang akan menghasilkan kualitas gambar terbaik, tapi dengan ukuran kamera yang cukup besar tidak selalu memungkinkan untuk membawa kamera kemanapun, apalagi kalau kamu termasuk single fighter alias bekerja sendiri dan ga punya partner untuk mengambil gambar. Sedangkan kalau smartphone yang ukurannya handy pastinya akan selalu ada di kantongmu. 

 

SAMSUNG GALAXY J5 (2016) dan SAMSUNG GALAXY  J7 (2016) memiliki resolusi kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP yang keduanya dilengkapi dengan flash untuk membantu pemotretan yang minim cahaya dan aperture F1.9 bikin kualitas gambar yang mumpuni. Dengan resolusi perekam video FHD (1920x1080) @30fps bikin kualitas video cukup memadai untuk kegiatan vlogging. Dan ada fitur Beauty Mode buat cewek-cewek yang doyan selfie agar wajah kelihatan lebih cantik. Kalau kamu termasuk blogger yang sering datang ke event ga puas rasanya kalau belum wefie dengan sesama blogger yang ketemu di sana. Nah SAMSUNG GALAXY J5 (2016) dan SAMSUNG GALAXY J7 (2016) ini ada fitur wide selfie yang memungkinkan kamera menangkap gambar dengan area yang lebih lebar, jadi makin banyak wajah-wajah yang masuk dalam frame kamera. Plusnya lagi dengan fitur palm hands, kita hanya perlu menggerakkan telapak tangan untuk mulai memotret. 

A little problem bagi penghobi selfie, fotografi, atau vlogger adalah memori yang tiba-tiba menipis gara-gara banyaknya foto dan video yang tersimpan. Tapi tenang aja, SAMSUNG GALAXY J5 (2016) dan SAMSUNG GALAXY  J7 (2016) ini memiliki memori internal 16 GB dan bisa ditambah lagi dengan memori eksternal hinggal 128 GB!


6. Photo editing

 
source : pribadi

Setelah mengambil gambar kamu bisa langsung mengeditnya menggunakan aplikasi photo editor seperti PicsArt, VSCO Cam, Pixlr, Adobe Photoshop Express, dll sebelum menggugahnya ke social media. Bahkan ada photo editor khusus bagi yang doyan selfie seperti MakeupPlus dan BeautyPlus. Photo editor app yang ada di smartphone akan berguna bagi kamu yang sering berpergian namun harus selalu update dengan blog post dan social media.


7. Social Media Apps

 


Seorang blogger yang berkutat dengan dunia online dan internet belum lengkap kalau ga punya social media. Bukan (hanya) untuk media narsis, tapi memiliki akun social media dapat menumbuhkan engagement dengan pembaca. Karena tidak semua orang punya akun blog, salah satu cara untuk memberi tahu pembaca postingan terbaru kita adalah dengan membagikan link blog post kita ke social media. Hal ini juga akan menambah page views blog kita tentunya. Ada banyak social media apps yang bisa kita unduh yaitu Intagram, Twitter app, Facebook app, Snapchat, Bloglovin, dll. Setelah selfie, wefie, dan vlogging, juga ga lengkap rasanya kalau belum di share di social media. Untuk itu social media apps di smartphone juga penting bagi blogger.


8. Chatting Apps


Tawaran kerja sama tidak selalu datang dari big company melainkan bisa dari online shop atau pemilik bisnis rumahan. Dan tidak semuanya menggunakan email dalam berkomunikasi. Chatting apps bisa jadi aplikasi penting bagi blogger untuk memudahkan komunikasi ke klien secara langsung dan cepat. Bukan hanya untuk chatting dengan klien, aplikasi chatting juga memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan sesama blogger entah itu untuk ngerumpi atau mungkin bikin collaboration post. Buatlah akun di chatting apps yang lagi populer seperti BBM, LINE, WhatsApp, dll.


9. Entertainment 

 

Blogger juga manusia. Sesekali pasti butuh hiburan seperti mendengarkan musik, gaming, nonton film, you name it. Dengan SAMSUNG GALAXY J5(2016) dan SAMSUNG GALAXY J7 (2016) semuanya bisa kamu dapetin. Kamu bisa mendengarkan lagu sampai 71 jam, menonton video dengan berbagai format hingga 17 jam dengan resolusi FHD (1920x1080) @30fps, dan menjalankan game dengan lancar karena didukung processor yang oke. 

Banyak banget kan fungsi smartphone yang dapat memudahkan pekerjaan seorang blogger? Untuk melakukan semua aktivitas tersebut di smartphone pastinya butuh baterai yang tahan lama. SAMSUNG GALAXY J5 (2016) dan SAMSUNG GALAXY J7 (2016) will grant your wish karena mereka punya kapasitas baterai 3100 mAH pada SAMSUNG GALAXY J5 (2016) dan 3300 mAH pada SAMSUNG GALAXY J7 (2016). 

 

Ditambah lagi ada fitur Ultra Power Saving Mode yang secara dramatis mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan sehingga tidak perlu khawatir baterai habis ketika dibutuhkan. 

 

Fitur lain yang juga berguna bagi pengguna smartphone ini adalah Smart Manager yang memudahkan kita untuk memeriksa penggunaan baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan. Jadi hemat waktu (dan tenaga) karena ga perlu tuh ngecek satu-satu.

SAMSUNG GALAXY J5 (2016)

SAMSUNG GALAXY J7 (2016)

Dari perspektif aku sebagai blogger SAMSUNG GALAXY J5 (2016) dan SAMSUNG GALAXY  J7 (2016) merupakan smartphone yang sudah oke untuk memaksimalkan produktivitas aku sebagai blogger. Dengan harga yang berada di mid range sekitar Rp 2.9 jutaan untuk SAMSUNG GALAXY J5 (2016) dan Rp 3.4 jutaan untuk SAMSUNG GALAXY  J7 (2016) merupakan harga yang cukup terjangkau untuk high quality smartphone sekelas SAMSUNG. Untuk spesifikasi lengkapnya kamu bisa lihat di www.samsung.com

 
Itu tadi beberapa kegunaan smartphone bagi blogger yang dapat memudahkan pekerjaan seorang blogger, karena itulah smartphone merupakan salah satu blogging equipment yang harus dimiliki oleh blogger. Memilih smartphone pun juga harus yang berkualitas baik karena smartphone merupakan item yang selalu digunakan (terutama oleh blogger) setiap saat yang dapat menunjang produktifitas.



Thank you for reading, 
xoxo




Share:

4 komentar

  1. haduhhh mupengggg hahah, akupun gak bisa lepas tanpa HP loh :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. samsungnya emang bikin mupeng ya :D hahaha aku juga sih ce (dan kebanyakan orang pun begitu), kalau gada hp rasanya krik krik

      Delete
  2. whoa iyaa lohh Samsung ni mantepp bangeet kameranya, ak pake hp kk q yg note 6 aja selfienya topcer bgt dev apalagi yg ini ya <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyesss shan, kualitas gambar samsung lawasku aja masih lebih oke dibandingkan sama kamera digitalku. \0/

      Delete

Feel free to drop your comment. I will reply it as soon as possible. ^^

Oddthemes