Featured Post

Eyeshadow Palette Netral Harga 50ribuan! Just Miss Eyeshadow Palette Umbra

Setelah penantian lama, akhirnya brand lokal ada yang ngeluarin eyeshadow palette yang bernuansa netral. Biasanya rata-rata brand lokal...

SILKYGIRL Pure Fresh All In One Gel Makeup Remover Review


Sebagai orang yang suka memakai makeup, double cleansing method dalam pembersihan wajah sangatlah penting. Melakukan pembersihan wajah dengan langsung memakai face wash tidak akan menghapus makeup seluruhnya di wajah dan pasti menyisakan sisa makeup di kulit wajah. Tahap pertama adalah membersihkan wajah dengan makeup cleanser yang dapat berupa clensing oil, cleansing water atau micellar water, dan yang paling umum adalah milk cleanser atau susu pembersih yang biasanya sepaket dengan tonernya. Baru kemudian dilanjutkan dengan pembersihan muka dengan sabun muka atau face wash dan toner. 

Sebelumnya aku membersihkan wajah dengan susu pembersih dan penyegarnya dari salah satu brand lokal yang sudah aku pakai dari lama karena mamaku pakai itu. Tapi setelah aku mulai concern sama ingredients di makeup dan skincare yang aku pakai setelah nonton videonya Michelle Phan tentang acne, ternyata aku menemukan beberapa bahan yang bersifat pore blocker atau highly comedogenic yaitu Isopropyl Myristate dalam susu permbersihnya. Akhirnya aku mencoba mencari makeup cleanser atau makeup remover yang tidak ada bahan-bahan comedogenicnya dan oil free.

Setelah pencarian di sana dan di sini, aku memutuskan untuk beli makeup remover dari silkygirl yang bentuknya gel, dan dia juga mengandung aloa vera, salah satu tanaman yang aku suka karena punya banyak manfaat, yaitu Silkygirl Pure Fresh All in One Gel Makeup Remover. Aku cek ingredientsnya ga ada Isopropyl Myristate ataupun bahan comedogenic lainnya jadi aku fix beli ini. Aku beli di counter Silkygirl yang ada di Toko kosmetik Raya karena di Matahari Matos sudah nggak ada counternya Silkygirl. Waktu itu belinya sekitar IDR 35.000.  Sekarang mari lanjut ke reviewnya.

silkygirl pure fresh all in one gel makeup remover review
silkygirl pure fresh all in one gel makeup remover review
Packagingnya berwarna pink transparan sehingga kita bisa lihat isi produknya. Bentuknya agak bulky dan agak makan tempat sih kalau dibawa di makeup bag. 

silkygirl pure fresh all in one gel makeup remover review

Tutupnya berupa flip flop jadi mudah untuk memudahkan membuka dan mengeluarkan produknya, tidak berupa tutup ulir yang harus diputar-putar dulu. Resikonya sih tutup flip flop biasanya gampang kebuka, tapi tutupnya Silkygirl ini cukup kokoh kok.

silkygirl pure fresh all in one gel makeup remover review

Di belakangnya terdapat keterangan tentang produk dan cara pakai yang sayangnya memakai bahasa Inggris. Agak susah menangkap gambarnya dengan kamera jadi aku akan menuliskannya sekaligus menerjemahkannya di sini.

Manfaat :

  • Ringan, formula gel yang oil free yang lembut di kulit dan efektif menghapus segala macam makeup
  • Meninggalkan kesan dingin, segar, dan bersih
  • Aloe vera membuat kulit menjadi lebih lembut
  • Vitamin B5 dan Hydrolized Soy Protein yang menutrisi kulit
  • pH 5.5 mengembalikan kesimbangan kulit
  • Cocok untuk semua jenis kulit
Cara penggunaan :
  • Untuk mata : basahkan cotton pad dengan gel. Tekan lembut pada eyelid dan bulu mata dan sapukan atau hapus dengan arah ke bawah sampai semua makeup mata hilang.
  • Untuk wajah & bibir : apply gel lansung ke seluruh wajah dan pijat dengan lembut. Bilas dengan air sampai bersih.

Dan tentunya tidak ketinggalan dengan ingredientsnya. Inilah alasan kenapa aku niat banget bikin review produk ini karena jarang-jarang aku ingin bikin review skincare salah satunya makeup remover. Berikut adalah ingredient listsnya :
water, glyceryn, poloxamer 184, lauryl glucoside, sodium benzoate, potassium sorbate, xanthan gum, hydroxyethylcellulose, peg-40 hydrogenated castor oil, panthenol, disodium edta, hydrolized soy protein, tocopherol, fragrance, citric acid, tocopheryl acetate, aloe barbadensis leaf juice, maltodextrin.

Menurut acnemantra.com ingredient list yang aku tulis di atas mengandung 2 bahan yang mildly comedogenic, yaitu Peg-40 Hydrogenated Castor Oil dan Tocopherol.
*mildy comedogenic berdasarkan acnemantra.com artinya tidak terlalu berpotensi menyebabkan breakout atau jerawat kecuali pada kulit yang benar-benar sensitif dan memang gampang breakout.

silkygirl pure fresh all in one gel makeup remover review

Tekstur makeup remover ini berbentuk gel yang tidak terlalu kental. Kalau aku bilang sih liquid gel yang cukup watery. Ada sedikit wewangian yang tercium dan sayangnya aku justru ga begitu suka sama wanginya, tapi bagi aku sih ga masalah.

silkygirl pure fresh all in one gel makeup remover review

Sekarang mari kita lihat seberapa ampuhnya Silkygirl Gel Makeup Remover ini untuk membersihkan makeup. Aku mencoba beberapa produk yang aku swatch di tangan. Produk itu dari kiri ke kanan adalah LT Pro Long Lasting Matte Lip Cream, Tony Moly Delight Tint, Maybelline Gel Eyeliner, Make Over Eyeshadow, Pixy Waterproof Mascara, dan Revlon Colorstay Foundation. Aku mencoba berbagai jenis makeup mulai dari lip cream sampai foundation untuk tahu kira-kira produk apa yang bisa dibersihkan oleh silkygirl gel makeup remover ini.

silkygirl pure fresh all in one gel makeup remover review

Setelah dioleskan gel makeup remover aku akan menggosok dan mencoba menghapus berbagai macam makeup di tanganku.

silkygirl pure fresh all in one gel makeup remover review

Setelah digosok-gosok dan dibersihkan dengan tissue, makeup yang hilang adalah lip tint, eyeshadow dan foundation. Sedangkan sisanya yaitu lip cream masih sedikit meninggalkan bekas tapi untuk gel eyeliner dan waterproof mascara masih tidak hilang. Akhirnya aku melakukan pembersihan yang kedua.

silkygirl pure fresh all in one gel makeup remover review

Setelah dilakukan pembersihan kedua dapat dilhat kalau gel eyeliner dan waterproof mascara tidak benar-benar hilang. 

Kesimpulan :

  • Silkygirl Gel Makeup Remover ini dapat menghapus makeup ringan tapi tidak dengan waterproof makeup dan makeup yang cukup berat. Untuk BB cream dan foundation aku menyarankan untuk melakukan pembersihan dua kali untuk memastikan tidak ada sisa BB cream atau foundation yang tertinggal di pori. Sedangkan untuk makeup mata terutama yang waterproof dan bibir sebaiknya percayakan kepada makeup remover yang memang dikhususkan untuk menghapus eye makeup dan lip. Meskipun Gel makeup remover ini bisa untuk face, eye dan lip tapi gel makeup remover ini tidak dapat benar-benar membersihkan waterproof eye makeup.
  • Ketika digunakan aku merasakan sedikit perih di wajahku. Jadi biasanya sebelum pakai gel makeup remover ini aku membasahi muka dengan air sedikit sehingga perihnya tidak terlalu terasa. Setelah muka dibersihkan dan dipijat ringan jangan membersihkan dengan tissue karena akan terasa perih dan sedikit lengket tapi basuhlah dengan air sesuai petunjuk penggunaan. Baru kemudian cuci muka dengan facial wash. Jadi menurutku urutannya :  pembersihan makeup mata dan bibir dengan makeup remover -> pembersihan wajah dengan Silkygirl Gel Makeup Remover, -> pembersihan wajah dengan facial wash. Agak ribet sih karena harus pakai produk yang beda-beda, tapi aku dari dulu memang selalu menggunakan eye and lip makeup remover untuk waterproof eye makeup sedangkan untuk wajah aku pakai milk cleanser atau pembersih makeup yang memang dikhususkan untuk wajah.
  • Kalau soal bikin break out atau nggak, aku nggak bisa klaim gel makeup remover ini ga bikin breakout karena aku masih memiliki breakout di wajah dan sedang mencoba skincare baru. Jadi entah karena gel makeup remover ini atau produk skincare lain. 

Likes :
- Oil free
- Tidak mengandung bahan-bahan yang comedogenic atau highly comedogenic
- Harga terjangkau dan isinya lumayan banyak (150 ml)

Dislikes :
- Agak perih ketika digunakan
- Tidak dapat membersihkan waterproof makeup.

Untuk kamu yang wajahnya ga gampang breakout tentunya ini bisa jadi makeup cleanser alternatif karena Silkygirl Gel Makeup Remover ini tidak mengandung bahan yang bersifat comedogenic atau highly comedogenic. Bagi yang wajahnya oily acne prone skin kayak aku gel makeup remover ini sebenarnya makeup cleanser yang cocok karena oil free dan teksturnya juga berupa gel jadi tidak terlalu berat di wajah tapi karena ini masih mengandung bahan yang mildly comedogenic, balik lagi ke soal cocok-cocokan. 



See you in my next post,
xoxo

Share:

12 komentar

  1. Kalau diliat di botolnya kayaknya seger gitu ya. Cuman kok ada sensasi perihnya.. terima kasih review-nya^^.

    limlimzi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada kandungan lidah buaya juga, tapi kalau yang kulitnya sensitif harus hati-hati :(
      sama-sama^^

      Delete
  2. Warna botolnya ngingetin aku sama lip masknya Laneige *salah fokus banget xD* salam kenal kak :D

    https://isthiutamid.blogspot.co.id/2016/07/isthi-sweet-seventeen-giveaway.html

    ReplyDelete
  3. Aku penasaran deh sama Silkygirl ini >__< lain kali aku beli deh.. Omong-omong urutan bersihin wajah kita sama looohhh^^

    sweetmacaroonbyalo.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo cewek memang harus rajin dan rutin bersihin wajahnya ^^

      Delete
  4. aku setuju sama kamu kalau gell cleanser silky girl ini untuk makeup ringan cocoknya kalau di gunakan makeup berat ky foundation sm waterproof produk kurang maksimal hasilnya, nice review dan salam kenal ya ^^
    ravitamala.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayangnya kalo untuk yang waterproof kurang nampol bersihnya :(
      salam kenal juga ^^

      Delete
  5. Tapi menurutku worth to try dengan harga segitu. AKu purchase bulan depan deh, kalau make up gak tebel2 amat pakai ini. Bioderma mahal e. T^T




    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan harganya ga mahal isinya juga lumayan banyak, kalo hanya untuk bersihin sunblock atau bb cream cukup oke ^^

      Delete
  6. Gw pernah beli gegara punya eyke habis, pas dipake ternyata gel, langsung gak sreg, krna personal demen yg air krna gampang nge kapasin nya.hahaaii
    Pdhl kemasan nya udah Pink gonjreng cajep bener :)


    Buleipotan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku ga masalah sama teksturnya, lucuk malah. cuma greget kurang ampuh buat makeup waterproof dan agak perih juga :(

      Delete

Feel free to drop your comment. I will reply it as soon as possible. ^^

Oddthemes