Featured Post

Eyeshadow Palette Netral Harga 50ribuan! Just Miss Eyeshadow Palette Umbra

Setelah penantian lama, akhirnya brand lokal ada yang ngeluarin eyeshadow palette yang bernuansa netral. Biasanya rata-rata brand lokal...

Purbasari Lipstick Color Matte For Dry Lips(?)

purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review

Lipstick yang ngehits satu ini sudah ramai menjadi buah bibir terutama di social media. Kayaknya hampir semua beauty blogger pasti udah pernah nyoba dan mereview lipstick ini di blognya. Online shop pun ga ketinggalan melihat peluang pasar dengan menjual lipstick ini. Bahkan lipstick Purbasari juga susah dicari di toko kosmetik karena selalu sold out. Sebagai cewek normal, akhirnya aku penasaran sama lipstick Purbasari ini. Sebagus apasih sampai kok segitu ramainya diperbincangkan sampai sold out di mana-mana. 

Cuma karena bibirku ini gampang banget kering apalagi kalau pakai lipstick lama-lama, aku agak ragu buat nyobain. Karena lipstick nganggur di rumah udah banyak dan I don’t wanna spend too much money on something that wouldn’t last forever. Iya! Karena lipstick dan kawan-kawannya juga punya batas masa pakai. Namun demi mencari lipstick yang siapa tahu jodoh dengan bibirku yang super kering ini, finally aku beraniin buat beli. Seperti biasa warna-warna yang aku beli masuk ranah natural. Jangan bosan ya guys, aku cuma beli sesuatu yang memang bisa (dan berani) aku pakai in real life. 

Warna yang aku beli yaitu 89 Jade (yang katanya most popular shade) dan 90 Crystal. Aku beli di salah satu toko kosmetik yang ada di Matos karena nyari di toko kosmetik tradisional ga dapet-dapet. Untungnya aku dapet harga yang ga terlalu mahal, yaitu sekitar IDR 33.000. Kan ada tuh online shop yang jual di atas IDR 35.000  :(
 
purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review
purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review
purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review
purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review
Lipstick Purbasari ini ada kotaknya dan dibungkus plastik. Cukup aman sih, jadi kemungkinan dapat barang ‘bekas’ itu kecil. Di kotaknya pun sudah ada keterangan lengkap mengenai lipsticknya mulai dari tanggal kadaluarsa, ingredients, klaim/fungsi produk. 

purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review
Packaging dari lipsticknya sendiri kayak lipstick matte standar sih menurutku, kecil memanjang. Cuma yang ini bentuknya kotak, bukan bulat. Didominasi warna hitam dengan tulisan Purbasari berwarna emas. Tutupnya sendiri cukup sturdy, ga gampang lepas atau kendur. 

purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review
Nomor dan nama shade ada di bagian bawah lipstick. Jadi bagi yang punya lipstick ini lebih dari satu, harus lihat sticker di bawahnya buat tahu shadenya. Tapi salut lah sama Purbasari. Tiap shadenya ga hanya sekedar nomor tapi ada namanya, namanya juga keren-keren. 

purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review
Purbasari 89 Jade
purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review
Purbasari 90 Crystal
Lipstick bullet-nya ramping memanjang hampir kayak lipstick matte pada umumnya. Dan number one problem lipstick matte macam ini adalah lipstick yang gampang patah dan lepas dari packaginya. Dan it happened to me. Padahal aku ga ngeluarin lipsticknya panjang-panjang dan Cuma aku taruh di laci makeup. Oya Purbasari ini ada wanginya, semacam sirup cocopandan. Karena aku ga begitu suka sirup cocopandan, jadi aku juga ga begitu suka sama wanginya. Untungnya ketika lipsticknya udah di bibir, wanginya ga kecium lagi.

purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review swatch
89 Jade adalah warna medium pink dengan warm undertone yang cenderung kemerahan. Di sebagian orang jatuhnya jadi kayak soft pink. Tapi begitu aku coba sendiri warna ini justru jadi pink kemerahan yang cukup bold dan definitely bukan warna yang bakal aku pakai in real life. Lebih tepatnya belum berani aku pakai.

90 Crystal ada warna peachy nude brown yang cukup kental peachnya. Banyak yang bingung membedakan warna 90 Crystal dan 81 Diamond. Kalau hasil dari aku googling sih, kalau yang 81 Diamond lebih dominan brown dan yang 90 Crystal lebih dominan peach.

purbasari lipstick color matte 89 jade 90 crystal review test

Setelah aku pakai langsung di bibir, warna 90 Crystal langsung bikin aku jatuh cinta. Warna ini menjadi my holy grail nude lipstick di samping Revlon MoistureStay yang warna Flesh. Kalau bibirku lagi dalam kondisi yang kering dan butuh lipstick yang melembabkan aku akan pakai Revlon. Tapi in most occasion aku bakal pakai Purbasari ini karena finishingnya yang matte bikin kelihatan lebih natural karena ga ada kilapnya.

Untuk yang 89 Jade, sebenarnya aku cukup suka sih, Cuma mungkin aku pakainya ga full lips atau tipis-tipis aja. Dan ketika aku pakainya hanya di tap-tap atau dibikin gradient lips hasilnya justru bagus dan warnanya jadi soft pink yang aku suka banget. 

Kadang-kadang aku juga mencampur kedua warna si 89 dan 90 dan hasilnya jadi peachy pink yang juga my kind of color dan ga kalah cantik. Soal warna pokoknya keduanya ga mengecewakan dan super love!

Ketika diswatch ataupun dipulas di bibir, warnanya langsung keluar. Sangat pigmented. Teksturnya pun creamy dan ga seret ketika dioles di bibir. Ketika dipakai juga terasa ringan di bibir, ga berat sama sekali. Kalau aku bandingkan dengan Wardah Long Lasting Matte Lipstick, sebenarnya lebih creamy si Wardah. Namun ketika dipulas di bibir, si Purbasari ga kalah creamy, glides on smoothly dan nyaman. Lipstick Purbasari ini juga lumayan tahan lama. Ketika aku makan nasi pun lipsticknya masih ada di bibir dan hanya hilang di bagian tengahnya. Dengan catatan makannya pun ga barbar dan ga sampai heboh ngejilatin bibir.

Poin penting dalam review ini adalah soal drying issue, apakah lipstick ini bikin bibir kering apa ga. Setelah mencoba dan mengetes sendiri, aku bisa katakan kalau lipstick ini masih tetap bikin bibir aku kering. Walaupun orang-orang bilang ini ga ngeringin, the best matte lipstick from local brand, etc, yang bisa aku katakan adalah lipstick ini bikin kering. TAPI, di antara lipstick matte yang pernah aku coba, so far lipstick Purbasari ini yang ga begitu ngeringin bibir aku dan lumayan bersahabat di bibir aku. Biasanya kalau aku pakai lipstick, lip tint, atau produk bibir apapun itu, kalau sampai seharian bikin kulit bibir aku seperti ada lapisan tebal dan kasar yang berarti mulai ada kulit kering yang bikin ga nyaman kalau pakai lipstick dan harus aku kelentek (kelupas dalam bhs Indonesia). Tapi kalau pakai Purbasari ini bibirku tidak ada lapisan tebal dan kasar yang berarti kulit bibirku ga begitu kering. Permukaan bibir juga masih halus sama ketika waktu pertama kali dipulas lipstick. Namun aku ngerasa bibirku agak berkerut waktu pakai ini walaupun ga bikin kering. Tapi selama ga bikin kering sih I’m fine. Lipstick ini mulai bikin bibir aku kering kalau aku pakai setiap hari, pakainya hampir seharian, dan ditambah lagi kalau lupa bersihin bibir pakai makeup remover.

Jadi buat kamu yang punya bibir kering boleh banget nyobain Purbasari ini, hanya jangan dipakai setiap hari. Kalau bisa diselang-seling dengan lipstick yang lebih moist dan creamy. Tentunya pakai lip balm, minum banyak air, dan bersihin bibir pakai makeup remover meskipun lipsticknya sudah hilang dari pandangan. 


Likes :
- Warnanya pigmented
- Cukup tahan lama
- Teksturnya creamy dan ringan di bibir
- Ga begitu bikin bibir kering
- Harganya sangat terjangkau

Dislikes :
- Susah nyarinya
- Lipsticknya gampang patah


Setelah aku nyobain sendiri lipstick ini sekarang aku tahu kenapa lipstick jadi ngehits di Indonesia. Rekomen deh buat yang punya bibir kering tapi pingin nyobain lipstick matte :D



Thank you for reading,
xoxo


Share:

10 komentar

  1. Ternyata bagus ya 89 dicampur sama 90. Aku kurang suka nomor 90 soalnya hehe. Kalau pakai lip balm sebelum pakai lipstick, apa bibir kamu bakal terasa kering juga?

    www.ranioktavia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake lip balm langsung di bawahnya lipstick jarang, soalnya hasilnya malah jadi ga matte dan ga tahan lama karena lipsticknya ga nempel langsung di bibir. tapi kalo prep lips beberapa menit sebelum pakai lipstick, masih tetep ngeringin di aku kalau pake lipsticknya kelamaan.

      Delete
  2. wah di kmu ga kering ya? di aku ttp kering tuh huhuhu jadi ga bisa ikutan kece pake lipstick hits deh hahaha :p

    Ray http://elusive-enigma.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga bikin kering ASAL pakainya ga tiap hari hehe. sama, jadi ga bisa ikutan kece tiap hari hahaha ^^

      Delete
  3. Hai Vi! ^^

    Wait.. wait.. Matos? Malang Town Square kah? Beauty blogger Malang kah kamu? :o *salah fokus ke matos*

    di aku pas awal-awal pake 89 ya kayak neon gitu. tapi lama kelamaan mulai ngebiasaiin diri Vi. Ehehe.. Tapi aku mau tobat beli si Purbasari. Udah banyak ses~

    Anyway, absen dulu aaah jadi followers blog kamohh #101 . Mind to follow me back and lets be friend?? :))



    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya malang town square hehe, karena aku tinggalnya di malang. bukan beauty blogger ah, cuma sekedar blogger yang kadang-kadang nulis tentang beauty (meski mostly postnya ttg beauty sih hehehe)

      iya di aku yg 89 juga warnanya jadi ngejreng gitu, jadinya kurang suka kalo dipake full lips, biasanya aku pake tipis-tipis aja atau aku mix sama yg 90 ^^

      Delete
    2. Vi, di matos di sebelah mananya yang ada jualan purbasari? gak pernah merhatiin x_x

      Delete
    3. di deketnya kfc atau kalo ga salah depannya bread story/rotiboy(?). trus di deket situ juga ada lagi satu, deket toko2 baju. sama ada di lantai paling bawah deketnya pizza hut. total ada tiga setauku, pokoknya di dalam toko,bukan yang stan-stan kecil. kalo pas lagi jalan-jalan trus lirik-lirik, ntar mata bakalan mendeteksi kok, secara naluri wanita kalo ngeliat ada makeup yang dipajang hahaha.

      Delete
  4. Yang no 90 cakep ya, duh masih galau mau warna apa untuk pilihan terbaru dari purbasari ini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin galau karena ada banyak warna barunya purbasari ya kak hahaha ^^

      Delete

Feel free to drop your comment. I will reply it as soon as possible. ^^

Oddthemes