Featured Post

Eyeshadow Palette Netral Harga 50ribuan! Just Miss Eyeshadow Palette Umbra

Setelah penantian lama, akhirnya brand lokal ada yang ngeluarin eyeshadow palette yang bernuansa netral. Biasanya rata-rata brand lokal...

ACNES UV TINT SPF 30 PA++ Review

acnes uv tint review

Hollaaa.... Assalamu’alaikum 

Kalau kalian beauty junkies atau beauty enthusiast pasti sudah pada tahu dong yang ya pentingnya penggunaan sunscreen SETIAP HARI, bahkan di dalam rumah sekalipun. Karena sinar matahari pasti masih nembus ke dalam rumah ya kan? Bagi kamu yang belum tahu bahwa menggunakan sunscreen itu sangat penting, mulai sekarang yuk sunscreennya ditambahkan ke dalam daftar skincare rutin. 

Terutama bagi kamu yang punya masalah kulit berjerawat, radiasi sinar matahari dapat menyebabkan jerawat bertambah parah. Setiap kali aku datang ke dokter kulit untuk konsul, dokternya selalu tanya apa aku masih pakai sunblock/sunscreen secara rutin. Dan aku juga baru sadar kalau ternyata sinar matahari dapat bisa bikin jerawat tambah parah, makanya dokternya nanya terus tiap kali konsul.

Karena kulitku oily acne prone skin, begitu tahu ada sunscreen khusus untuk kulit berjerawat ditambah lagi ada tint-nya seperti tinted moisturizer dari Acnes, yaitu Acnes UV Tint, aku langsung pingin nyobain. Karena kulit berjerawat kayak aku memang tidak disarankan untuk memakai base makeup yang berat  setiap hari. Dengan adanya Acnes UV Tint ini sekaligus akan menghemat waktu berdandan juga kan, karena seperti sunscreen dan BB cream/foundation sudah jadi satu. Setelah aku menggunakannya beberapa waktu, here is my final thought. 

acnes uv tint review 

Kemasan Acnes UV Tint ini cukup kecil dan ringan, jadi tidak akan memberatkan makeup pouch. Kalau soal kemasan ya biasa saja dan aku ga ada masalah dengan desain blablabla karena bagiku kalau soal sckincare sih yang penting efektif dan ga bikin breakout. 

Yang unik dari Acnes UV Tint ini adalah di dalamnya ada ‘sesuatu’ seperti Tipe X, yang kalau dikocok dia akan bunyi. 


acnes uv tint review

Acnes UV Tint ini tidak dilengkapi kotak, tetapi hanya berupa kemasan luar berupa kertas dan plastik. Di belakang botol ada short description tentang produk, walaupun tidak selengkap di kemasan luar, tapi cukup berguna karena kita biasanya akan membuang kemasan luarnya. 


acnes uv tint review

Acnes UV Tint ini tidak memiliki pump melainkan hanya lubang kecil untuk mengeluarkan produknya. Produk yang keluar masih cukup terkontrol dengan lubang yang kecil. 


Acnes UV Tint ini memiliki SPF 30 PA ++ jadi menurutku sudah cukup aman digunakan terutama untuk aktivitas outdoor. Tidak hanya SPF 30 PA ++, Acnes UV Tint juga dilengkapi dengan Vitamin E + B6 untuk menjaga kelembaban kulit.

Berikut kegunaan Acnes UV Tint seperti yang tertulis di kemasannya :

  • Anti bakteri : Isopropylmethylphenol membantu melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
  • UV protection : SPF 30 dan PA++ membantu melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari.
  • Nutrisi kulit : vitamin E dan B6 membantu merawat kelembutan dan kelembaban kulit.
  • Make-up : sebagai dasar makeup dan dapat menyerap sebum sehingga kulit wajah tidak mengkilap.
  • Stearyl Glycyrrhetinate menyejukkan kulit kemerahan pada bagian wajah yang berjerawat.
  • Tidak mengandung minyak, alkohol dan suntan substance yang dapat membuat kulit kecoklatan bila terkena sinar matahari. 

Hmm...dari klaimnya seperti it’s too good to be true. 

Cara pakai :
Kocok dahulu sebelum digunakan. Oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan lembut dan merata.

Ingredients :
decamethylcyclopentasiloxane, water, glyceryl ethylhexanoate, zinc oxide, silicic athydric, methylhydrogenpolysiloxane, titanium dioxide, siloxane, talc, methylpolysiloxane, flourphologopite, mica, alumunium hydroxide, dimethicone, butylene glycol, glycerin, trimethylsiloxysilicate, cetyl peg/peg-10/1 dimethicone, vinyl dimethicone/methicone silsesquioxane crosspolymere, cl 77492, o-cymen-5-ol (isopropylmethylphenol), tocopheryl acetate. rosmarinus officinalis extract, stearyl glyclyrrhetinate, magnesium sulfate, gragrance, cl 77491, cl 77499, pyridoxine hcl, magnesium ascorbyl phospate

Setelah aku cek komposisi di acnemantra.com, inilah hasilnya :
Butylene Glycol is mildly comedogenic
Dimethicone is mildly comedogenic
Talc is mildly comedogenic
Zinc Oxide is mildly comedogenic
*mildly comedogenic mengandung arti bahwa bahan tersebut cenderung komedogenik bagi kulit yang sangat sensitif


acnes uv tint review
Tekstur
acnes uv tint review
Tekstur yang cair
acnes uv tint review
Setelah dibaurkan


Tekstur
Tekstur dari Acnes ini cukup watery atau cair, bahkan kadang sampai mbleber(?) jadi pastikan sebelum memakai produk dikocok terlebih dahulu.  Tapi dengan teksturnya yang cair, jadi mudah diblend-nya.  Penggunaannya pun cukup pakai tangan untuk meratakan produk.

Scent
Acnes UV Tint ini ada wanginya. Bisa dilihat di daftar komposisi produk ini masih mengandung fragrance. Tapi jujur aja sih wanginya enak kayak bedak bayi gitu, hehehe. Tapi bagi yang sensitif terhadap wewangian mungkin akan sedikit bermasalah.


acnes uv tint review test

Hasil pemakaian
Seperti yang bisa kamu lihat di gambar, Acnes UV Tint ini memang bikin whitecast, apalagi memang karena produk ini mengandung Tint atau warna dan dapat dijadikan sebagai dasar makeup. Bagiku sih enggak masalah, karena mukaku memang agak kusam dan merah-merah gara-gara jerawat dan setelah pakai sunscreen ini jadi agak cerahan alias lumayan bikin jadi ga dekil dekil baget lah. Ketika dipakai pun juga terasa ringan.

Coverage
Meskipun bikin wajah cerahan seperti memakai tinted moisturizer atau BB cream, tapi daya covernya memang sangat kurang. Acnes UV Tint ini hanya dapat sedikit memudarkan kemerahan pada wajah dan tidak terlalu meratakan warna kulit, apalagi menutupi jerawat dan noda hitam. Sangat light coverage. 

Finishing
Setelah dioleskan di wajah memang kulit wajah terasa masih berminyak, tapi setelah beberapa waktu ternyata berubah jadi matte. Bagi yang kulitnya oily ini tentu bagus karena ga bikin wajah tambah minyakan. Tinggal tambahin loose powder sedikit saja untuk nge-set suncreennya. Atau yang kulitnya lagi kering dan mengelupas karena jerawat, tidak perlu pakai bedak lagi.

Kesimpulan akhir
Dengan konsep yang bagus (sunscreen + tint) dan klaim yang banyak salah satunya merawat kulit berjerawat, aku punya ekspektasi tinggi sama sunscreen ini. Sebenarnya produk ini cukup bagus dan aku cukup suka dengan hasilnya di wajahku, bikin wajah fresh namun ringan dan cukup menghemat waktu berdandan. Tapi setelah beberapa waktu menggunakan Acnes UV Tint ini, aku tidak melihat adanya perubahan pada jerawat misal tambah kempes dsb, justru I got new bumps alias muncul beberapa jerawat baru karena memang akhir-akhir ini muka aku sensitif banget. Apalagi setelah aku cek komposisinya produk ini mengandung beberapa bahan yang mildly comedogenic dan muka sensitifku sepertinya tidak menolerir bahan tersebut. Ketika wajahku mulai membaik dan tidak begitu sensitif, mungkin aku akan coba pakai lagi. 


Likes :
- Praktis (sunscreen + tint)
- Hasilnya matte
- Light coverage tapi bikin muka fresh
- Harga terjangkau

Dislikes :
- Bikin muncul jerawat baru


Bagi kamu yang wajahnya tidak sensitif, Acnes UV Tint bisa jadi pilihan sebagai penghemat waktu berdandan karena sudah mengandung suncreen dan dapat menjadi pengganti BB cream/foundation. Terutama bagi dedek-dedek yang masih sekolah, daripada pakai BB cream/foundation yang cenderung heavy di kulit wajah,  Acnes UV Tint ini pilihan yang cocok sebagai base makeup.




Thank you for reading,
xoxo




Share:

25 komentar

  1. Sebagai orang yang kulitnya acne-prone, awalnya seneng banget pas Acnes muncul di Indonesia. Eh tahunya, bukannya cocok malah nambahin jerawat baru. Baik facial wash, sealing jell, maupun UV tint ini nggak cocok, sedih :( judulnya acnes, jadinya malah sama sekali nggak cocok hahahaha.... sangkain cuma aku sendiri aja yang begini, tapi ternyata ada orang lain juga. (trus jadinya seneng?) :))

    Terima kasih reviewnya, dan salam kenal yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo salam kenal juga :)
      aku juga ngira cuma kulitku doang yg kelewat sensitif, pake produk yg ada embel-embel menyembuhkan jerawat bukannya sembuh malah nambah. ternyata kita senasib ya :( aku baru nyoba produk acnes yg spot treatment yg bentuknya gel buat jerawat, tapi seingatku sih emang ga mempan dan sama UV Tint ini, ternyata produknya acnes yg lain juga ga mempan ya? :O

      Delete
    2. iya, aku waktu itu kalap beli segala macem acnes karena kemakan image produk, ~khusus buat jerawat~ gitu. trus akhirnya malah jadi mubazir karena pada nggak cocok... jadi beruntusan kecil-kecil huhu mau nangis.

      Aku juga sampe sekarang pake spot treatmentnya. awal2 ngefek, sekarang enggak. malah adikku yang normal-kering yang cocok. Kayaknya emang gak hoki aja kitaa, hahahaha

      Delete
  2. dulu sempet pake ini pas kuliah, lumayan nutup bekas jerawat, tapi ga ngilangin jerawatnya juga xD

    https://mysistermonsterdisaster.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya sih iya ga begitu ngefek buat jerawat :'D

      Delete
  3. yahh sayang yah dev malah bikin jrawat baru nongol, pdhl pgn jg nyoba ggra lg males pke2 bbc

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya emang mukaku yang sensi shan, kalau kamu kayaknya ga oily acne prone kan? mungkin sih cocok cocok aja.

      Delete
  4. Akuu mah suka banget sama sunscreen ini. Sesuai dengan deskripsimu tapi aku gak dibuat jerawatan. :D

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  5. Terus sekarang pake sunscreennya udah diganti?
    Jadi pakai apa sis?
    Cz aku jg sama jenis kulitnya

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah cocok juga cama wajah aku yabg CW nya 😇

    ReplyDelete
  7. Pakenya brp kali sehari ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung seberapa lama kena matahari. kalo seharian di luar kena matahari harus diapply tiap beberapa jam.

      Delete
  8. aku kulit sensitif. pernah wajah ku breakout teruk tapi sekarang udah gak jerawatan lagi alhamdulillah. dicoba acnes ini karena ga udah ada ss yg cocok di watsons. baru pake sehari udah breakout lagi di dahi ku. erghhhhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayangnya skincare termasuk sunscreen emang cocok-cocokkan dear. coba aja parasol spf 33, siapa tau cocok. dulu waktu aku perawatan utk jerawat, dokter kulitku nyaranin pake itu.

      Delete
  9. Kalau kena keringat luntur nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dear, semua sunscreen memang harus di apply tiap beberapa jam sekali bahkan kalo ga kena air sekalipun.

      Delete
    2. Baru jga mau coba tpi ngeliat coment" kakk smua,jdi nggak jdi deh soalnya kulitku jga oily. Nnti tambh breakout lgi.

      Delete
  10. Aku pakai rangkaian dr acnes alhamdulilah cocok sih malah muka ku jadi bersih
    Pakai facial wars ,acnes piwder lotion sama sealing gel 3 itu ampuh
    Pngn nyobain sunscrèennyA smoga cocok jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seneng deh kalo ada yang cocok, skincare memang cocok-cocokkan sih dear ^^

      Delete
  11. Kak bagusan sunscren acnes atau Emina menurut kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipe mukaku oily, kalo di aku sih emina cocok, kalo pakai acnes justru jerawatan. tapi balik lagi sih sunscreen juga cocok-cocokkan ^^

      Delete
  12. Aku masih bingung nih milih sunscreen yg cocok apa kadang muka berminyak banget kadang juga muka ku kering boleh saranin dong 🙏😊 terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, bisa jadi tipe kulit kamu termasuk kombinasi, cuaca juga cukup berpengaruh sih. jadi mungkin kamu bisa menggunakan 2 sunscreen yang berbeda tergantung kondisi kulit. kalau lagi kering, bisa pakai sunscreen yang teksturnya lebih tebel, kalau lagi berminyak pakai yang teksturnya ringan.

      Delete

Feel free to drop your comment. I will reply it as soon as possible. ^^

Oddthemes